Rabu, 21 November 2012

Pengaruh Dampak Positif dan Negatif Facebook dalam Pendidikan terhadap Perkembangan Tingkah Laku Remaja saat ini


Pengaruh Dampak Positif dan Negatif Facebook dalam Pendidikan terhadap Perkembangan Tingkah Laku Remaja saat ini

KATA PENGANTAR
Puja dan puji syukur kami panjatkan kehadapan Tuhan Yang maha Esa karena berkat rahmatNyalah kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengaruh Dampak Positif dan Negatif Facebook dalam Pendidikan terhadap Perkembangan Tingkah Laku Remaja saat ini” tepat pada waktunya.
Dalam pembuatan tugas ini penulis mengambil data dari berbagai sumber yang mendukung. Terutama media masa yaitu internet dan surat kabar serta pendapat semua pihak, sehingga data yang disajikan dalam tugas ini cukup menarik. Kami harapkan dari selesainya tugas ini para pembaca mendapatkan ilmu tambahan dalam menambah wawasan. Sekian dan terima kasih.


Penulis
 BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Dunia facebook sekarang ini banyak dibincangkan dalam masyarakat umum. Terutama dikalangan remaja. Tetapi tidak menutut kemungkinan kalau anak SD pun juga mengenal cara berkomunikasi lewat dunia maya ini. Pada umumnya facebook (yang lebih dikenal dengan FB) tersebut mampu menghipnotis ribuan remaja yang di dunia ini, dengan waktu singkat facebook sudah mampu menarik minat masyarakat untuk mencobanya. Tak segan-segan para ibu-ibu (orang tua) pun ikut terhipnotis dalam pengaploadtan dunia maya tersebut. Padahal banyak dampak positif dan negative yang dapat kita temukan dalam melakukan atau berhubungan di dunia maya dengan jejaring internet yang di kenal dengan facebook (FB) tersebut.
Kita dapat lihat dari pengaruh dampak positif dan negative facebook dalam pendidikan terhadap perkembangan tingkah laku remaja saat ini. Banyak remaja yang terjerumus dalam jejering social tersebut. Mereka pada umumnya hanya ingin mencari teman dan sekedar mengapload status saja. Tetapi disini tidak sedikit pada remaja menyalah gunakan facebook dalam memenuhi kepentingan mereka baik pribadi maupun umum. Contohnya, seorang wanita dimana dia sangat mencintai seorang lelaki, tetapi lelaki itu menyukai teman si wanita itu sendiri, karena emosi yang dipengaruhi juga oleh rasa dendam sehingga si wanita ini meneror si wanita yang disenangi oleh lelaki itu lewat jejaring sosial facebook tersebut. Sehingga karena merasa takut, si wanita ini melaporkannya ke kantor pilisi atas dasar pencemaran nama baik. Disinilah dampak negative dari jejaring sosial facebook tersebut. Anak-anak remaja juga demikian. Mereka sering larut dalam facebook, sampai melupakan kegiatan mereka sebagai seorang pelajar. Bukan hanya ini saja dmpak negatifnya, masih banyak dampak-dampak negative lainnya. Dimana dapat merugikan banyak orang terutapa dalam dunia pendidikan. Sebab pendidikan yang selama ini ka dapatkan yang seharusnya juga dapat mendidik moral dan juga dapat menumbuhkembangkan norma dalam diri kita, akan menjadi sia-sia. Hanya karena pengaruh jejaring sosial facebook. Jika kita dapat berfikir secara formal, jejaring sosial facebook (FB) ini dapat memotifasi diri kita sendiri agar lebih baik dan tanpa merugikan pendidikan yang telah kita dapatkan, jika kita mampu memanfaatkan dunia jejaring tersebut dengan arif yang berdasarkan atas norma-norma yang ada. Sehingga tidak aka nada lagi
orang yang dirugikan oleh jejaring sosial ini dan justru akan berdampak positif bagi kita.

1.2  Hipotesis
a.       Ada pengaruh dampak positif dan negative facebook dalam pendidikan terhadap perkembangan tingkah laku remaja bahkan sangatlah berpengaruh.
b.      Banyak dampak negative dan positif yang dapat mempengaruhi facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku remaja saat ini.

1.3  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, kami dapat menemukan beberapa rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Apa saja dampak positif dan negate facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku remaja?
2.      Bagaimana cara mengatasi dampak negative facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku remaja?

1.4  Tujuan
1.      Tujuan Umum
Secara umum tujuan dari penyelesaikan laporan makalah ini adalah untuk mengetahui titik penyelesaian dalam masalah di bidang teknologi seperti halnya yg bersifat mendidik apalagi untuk remaja jaman sekarang butuh bimbingan langsung dari orang-orang terdekat misalnya orang tua dan orang tua harus tau mana yang terbaik untuk anaknya dalam bidang pegaulan dimana sekarang udah ada namanya FACEBOOK dimana di dunia maya banyak terdapat bahaya yg sangat cepat merabah meski itu orangtua harus lebih mengerti dari si anak.
2.      Tujuan Khusus
Secara khusus tujuan dari penyusunan makalah ini adalah
a.       Untuk mengetahui dampak positif dan negaif facebook dalam pendidikan terhadap     pengembangan tingkah laku remaja.
b.      Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi dampak negative facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku remaja.

1.5  Metode
Dalam penyusunan makalah ini, kami menggunakan metode kepustakaan dan metode study literatur yaitu dengan cara mengumpulkan, menganalisis bukti-bukti tertentu untuk memperoleh fakta dan kesimpulan yang kuat. Dimana pengumpulan data diperoleh dari berbagai macam sumber sebagai bahan untuk dijadikan suatu makalah.















BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Dampak positif dan negative facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku remaja.
Facebook (FB) merupakan jejaring sosial yang juga dimanfaatkan untuk mengapload status, dan juga merupakan alat berkomunikasi modern. Facebook (FB) ini telah banyak menarik minat kaum masyarakat pada umumnya. Facebook juga telah menghipnotis ribuan bahkan jutaan remaja di dunia ini termasuk anak-anak pun kini telah mengenal facebook tersebut. Facebook ini pertama kali berada di Negara Amerika yang kemudian masuk ke Negara Indonesia. Facebook ini pun mampu merubah pola tingkah laku yang biasa menjadi tidak biasa. Dalam kita berhubungan dengan facebook kita akan tahu dampak positif dan negative dari facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku remaja. Kita dapat tentukan sebagai berikut:
a.       Dampak positif facebook.
Facebook berdampak positif dalam pendidikan yang akan mempengaruhi tingkah laku para remaja, salah satunya adalah:
1.      Facebook dapat memudahkan kita mengetahui kejadian-kejadian yang belum tersiar dalam media cetak maupun media elektronik.
2.      Melalui facebook kita dapat berinteraksi secara cepat.
3.      Kita dapat mengetahui wajah lawan kita berinteraksi.
4.      Dalam facebook kita juga dapat dengan mudah mengapload masalah-masalah tentang pendidikan sehingga dapat membantu dan memotifasi diri kita menjadi semangat dalam belajar.
b.      Dampak negative facebook
Facebook tidak akan selalu berdampak pisitif. Kadang kala ada dampak negative yang sangat perpengaruh pada dunia pendidikan yang kemudian akan mempengaruhi pengembangan tingkah laku para remaja, diantaranya:
1.      Dapat merusak mental para remaja dalam melakukan suatu tindakan.
2.      Melalui facebook tindak kejahatan dan pelecehan terhadap remaja kerap terjadi.
3.      Para remaja khususnya para pelajar, seringkali melupakan kegiatannya bebagai seorang pelajar, karena terhipnotis oleh facebook.

2.2  Cara mengatasi dampak negative facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku remaja.
1.      Para orang tua harus bisa internetan supaya mengetahui dampak negatifnya dan selanjutnya mengawasi anaknya guna memastikan tidak terkena dampak dari teknologi internet.”
2.      Hindari namanya konflik karna bsa membawa masalah bagi pemakai facebook.
3.      Menggunakan situs facebook untuk kepentingan yang bermanfaat.

 


BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami tarik, berdasarkan pembahasan diatas adalah hindarilah namanya kecanduan facebook, maniak facebaook, gila facebook secara berlebihan bisa merusak mental si anak apalagi yang masih menginjak masa sekolah di karenakan situs ini di lakukan secara berlebihan untuk si pemakai akan berdampak buruk dan lupa diri, lupa pada ia kerjakan dan memberi dampak yang sangat besar maka dari itu usahakan mempergunakan facebook secara positif dan bermanfaat.
3.2  Saran
Saran yang dapat kami kemukan berdasarkan pembahasan diatas adalah alangkah baiknya mencari informasi tentang berita yang behubungan pendidikan yang bermanfaat untuk orang banyak ketimbang bermaen-maen dan bermain boleh-boleh saja akan tetapi jangan terlalu brlebihan apa lagi yang kerja dan sekolah berakibat buruk di tempat kerja maupun sekolah.


























DAFTAR PUSTAKA
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. (Cetakan ke-7). Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.
Alessi, S.M. dan Trollip, S.R. 1985. Computer-Based Instruction: Development. Englewood Cliffs: Prenctice-Hall, Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar