Pengaruh
Dampak Positif dan Negatif Facebook dalam Pendidikan terhadap Perkembangan
Tingkah Laku Remaja saat ini
KATA PENGANTAR
Puja dan puji syukur kami panjatkan kehadapan Tuhan
Yang maha Esa karena berkat rahmatNyalah kami dapat menyelesaikan makalah yang
berjudul “Pengaruh Dampak Positif dan Negatif Facebook dalam Pendidikan
terhadap Perkembangan Tingkah Laku Remaja saat ini” tepat pada waktunya.
Dalam pembuatan tugas ini penulis mengambil data dari
berbagai sumber yang mendukung. Terutama media masa yaitu internet dan surat
kabar serta pendapat semua pihak, sehingga data yang disajikan dalam tugas ini
cukup menarik. Kami harapkan dari selesainya tugas ini para pembaca mendapatkan
ilmu tambahan dalam menambah wawasan. Sekian dan terima kasih.
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dunia facebook sekarang ini banyak dibincangkan dalam
masyarakat umum. Terutama dikalangan remaja. Tetapi tidak menutut kemungkinan
kalau anak SD pun juga mengenal cara berkomunikasi lewat dunia maya ini. Pada
umumnya facebook (yang lebih dikenal dengan FB) tersebut mampu menghipnotis
ribuan remaja yang di dunia ini, dengan waktu singkat facebook sudah mampu
menarik minat masyarakat untuk mencobanya. Tak segan-segan para ibu-ibu (orang
tua) pun ikut terhipnotis dalam pengaploadtan dunia maya tersebut. Padahal
banyak dampak positif dan negative yang dapat kita temukan dalam melakukan atau
berhubungan di dunia maya dengan jejaring internet yang di kenal dengan
facebook (FB) tersebut.
Kita dapat lihat dari pengaruh dampak positif dan
negative facebook dalam pendidikan terhadap perkembangan tingkah laku remaja
saat ini. Banyak remaja yang terjerumus dalam jejering social tersebut. Mereka
pada umumnya hanya ingin mencari teman dan sekedar mengapload status saja.
Tetapi disini tidak sedikit pada remaja menyalah gunakan facebook dalam
memenuhi kepentingan mereka baik pribadi maupun umum. Contohnya, seorang wanita
dimana dia sangat mencintai seorang lelaki, tetapi lelaki itu menyukai teman si
wanita itu sendiri, karena emosi yang dipengaruhi juga oleh rasa dendam
sehingga si wanita ini meneror si wanita yang disenangi oleh lelaki itu lewat
jejaring sosial facebook tersebut. Sehingga karena merasa takut, si wanita ini
melaporkannya ke kantor pilisi atas dasar pencemaran nama baik. Disinilah
dampak negative dari jejaring sosial facebook tersebut. Anak-anak remaja juga
demikian. Mereka sering larut dalam facebook, sampai melupakan kegiatan mereka
sebagai seorang pelajar. Bukan hanya ini saja dmpak negatifnya, masih banyak
dampak-dampak negative lainnya. Dimana dapat merugikan banyak orang terutapa
dalam dunia pendidikan. Sebab pendidikan yang selama ini ka dapatkan yang
seharusnya juga dapat mendidik moral dan juga dapat menumbuhkembangkan norma
dalam diri kita, akan menjadi sia-sia. Hanya karena pengaruh jejaring sosial
facebook. Jika kita dapat berfikir secara formal, jejaring sosial facebook (FB)
ini dapat memotifasi diri kita sendiri agar lebih baik dan tanpa merugikan
pendidikan yang telah kita dapatkan, jika kita mampu memanfaatkan dunia
jejaring tersebut dengan arif yang berdasarkan atas norma-norma yang ada.
Sehingga tidak aka nada lagi
orang yang dirugikan oleh jejaring sosial ini dan
justru akan berdampak positif bagi kita.
1.2 Hipotesis
a. Ada pengaruh
dampak positif dan negative facebook dalam pendidikan terhadap perkembangan
tingkah laku remaja bahkan sangatlah berpengaruh.
b. Banyak dampak
negative dan positif yang dapat mempengaruhi facebook dalam pendidikan terhadap
pengembangan tingkah laku remaja saat ini.
1.3 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, kami dapat
menemukan beberapa rumusan masalah sebagai berikut:
1. Apa saja dampak
positif dan negate facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku
remaja?
2. Bagaimana cara
mengatasi dampak negative facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan
tingkah laku remaja?
1.4 Tujuan
1. Tujuan Umum
Secara umum tujuan dari penyelesaikan laporan makalah
ini adalah untuk mengetahui titik penyelesaian dalam masalah di bidang
teknologi seperti halnya yg bersifat mendidik apalagi untuk remaja jaman
sekarang butuh bimbingan langsung dari orang-orang terdekat misalnya orang tua
dan orang tua harus tau mana yang terbaik untuk anaknya dalam bidang pegaulan
dimana sekarang udah ada namanya FACEBOOK dimana di dunia maya banyak terdapat
bahaya yg sangat cepat merabah meski itu orangtua harus lebih mengerti dari si
anak.
2. Tujuan Khusus
Secara khusus tujuan dari penyusunan makalah ini
adalah
a. Untuk
mengetahui dampak positif dan negaif facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku remaja.
b. Untuk mengetahui
bagaimana cara mengatasi dampak negative facebook dalam pendidikan terhadap
pengembangan tingkah laku remaja.
1.5 Metode
Dalam penyusunan makalah ini, kami menggunakan metode
kepustakaan dan metode study literatur yaitu dengan cara mengumpulkan,
menganalisis bukti-bukti tertentu untuk memperoleh fakta dan kesimpulan yang
kuat. Dimana pengumpulan data diperoleh dari berbagai macam sumber sebagai
bahan untuk dijadikan suatu makalah.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Dampak positif dan negative facebook dalam
pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku remaja.
Facebook (FB) merupakan jejaring sosial yang juga
dimanfaatkan untuk mengapload status, dan juga merupakan alat berkomunikasi
modern. Facebook (FB) ini telah banyak menarik minat kaum masyarakat pada
umumnya. Facebook juga telah menghipnotis ribuan bahkan jutaan remaja di dunia
ini termasuk anak-anak pun kini telah mengenal facebook tersebut. Facebook ini
pertama kali berada di Negara Amerika yang kemudian masuk ke Negara Indonesia.
Facebook ini pun mampu merubah pola tingkah laku yang biasa menjadi tidak
biasa. Dalam kita berhubungan dengan facebook kita akan tahu dampak positif dan
negative dari facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku
remaja. Kita dapat tentukan sebagai berikut:
a. Dampak positif
facebook.
Facebook berdampak positif dalam pendidikan yang akan
mempengaruhi tingkah laku para remaja, salah satunya adalah:
1. Facebook dapat
memudahkan kita mengetahui kejadian-kejadian yang belum tersiar dalam media
cetak maupun media elektronik.
2. Melalui facebook kita
dapat berinteraksi secara cepat.
3. Kita dapat mengetahui
wajah lawan kita berinteraksi.
4. Dalam facebook kita
juga dapat dengan mudah mengapload masalah-masalah tentang pendidikan sehingga
dapat membantu dan memotifasi diri kita menjadi semangat dalam belajar.
b. Dampak negative
facebook
Facebook tidak akan selalu berdampak pisitif. Kadang
kala ada dampak negative yang sangat perpengaruh pada dunia pendidikan yang
kemudian akan mempengaruhi pengembangan tingkah laku para remaja, diantaranya:
1. Dapat merusak mental
para remaja dalam melakukan suatu tindakan.
2. Melalui facebook
tindak kejahatan dan pelecehan terhadap remaja kerap terjadi.
3. Para remaja khususnya
para pelajar, seringkali melupakan kegiatannya bebagai seorang pelajar, karena
terhipnotis oleh facebook.
2.2 Cara mengatasi dampak negative facebook
dalam pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku remaja.
1. Para orang tua harus
bisa internetan supaya mengetahui dampak negatifnya dan selanjutnya mengawasi
anaknya guna memastikan tidak terkena dampak dari teknologi internet.”
2. Hindari namanya
konflik karna bsa membawa masalah bagi pemakai facebook.
3. Menggunakan situs
facebook untuk kepentingan yang bermanfaat.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami tarik, berdasarkan pembahasan
diatas adalah hindarilah namanya kecanduan facebook, maniak facebaook, gila
facebook secara berlebihan bisa merusak mental si anak apalagi yang masih
menginjak masa sekolah di karenakan situs ini di lakukan secara berlebihan
untuk si pemakai akan berdampak buruk dan lupa diri, lupa pada ia kerjakan dan
memberi dampak yang sangat besar maka dari itu usahakan mempergunakan facebook
secara positif dan bermanfaat.
3.2 Saran
Saran yang dapat kami kemukan berdasarkan pembahasan
diatas adalah alangkah baiknya mencari informasi tentang berita yang behubungan
pendidikan yang bermanfaat untuk orang banyak ketimbang bermaen-maen dan
bermain boleh-boleh saja akan tetapi jangan terlalu brlebihan apa lagi yang
kerja dan sekolah berakibat buruk di tempat kerja maupun sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. (Cetakan
ke-7). Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.
Alessi, S.M. dan Trollip, S.R. 1985. Computer-Based
Instruction: Development. Englewood Cliffs: Prenctice-Hall, Inc.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar